Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar Sesuai Sunah

Advertisement
Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar Sesuai Sunah - Asalamualaikum Wr Wb segala puji bagi Allah yang maha ghofur dengan segala kasih sayangnya kita semua dapat hidup dan menempuh kehidupan di dunia ini pda kesempatan ini dengan memohon kepada Allah agar dihapuskan dari segala dosa ,kami tulis buntuk kita semua yaitu tata cara sholat taubat,sholat sunah taubat merupakan sholat sunah yang dikerjakan dua raka'at oleh siapa saja hamba Allah yang telah berbuat dosa kemudian sadar akan dosanya tersebut kemudian ingin bertaubat atau memohon ampunan kepada sang kholiq yang maha pengampun,karena takut akan siksa api neraka yang akan diterimanya kelak jika sekarang tidak bertaubat,untuk sholat taubat mempunyai jumlah raka'at yaitu 2 raka'at dan maksimal dapat dikerjakan 4 sampai6 raka'at yang masing-masing 2 raka'atnya satu kali salam.

Pengertian taubat yaitu menyesal atas segala perbuatan yang pernah kita lakukan dan bermaksud tidak akan melakukan lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah Swt.untuk itu jika kita seorang yang beriman pernah melakukan suatu perbuatan dosa besar maupun kecil maka sadarlah dan segera bertaubat dengan mengerjakan sholat sunah taubat 2 raka'at karena keutamaan sholat taubat sendiri yaitu untuk mohon ampunan kepada Allah atas perbuatan yang sudah kita lakukan,

Manfaat Shalat Taubat diatas seperti diterangkan oleh Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ”’ Setiap orang yg berbuat dosa, kemudiian segera bergeraak dan berwudlu, kemudian shalat lalu memohon ampunan dari Alloh, pasti Alloh akan memberi ampunan karena Allah telah bersabda

”’Mereka yg pernah mengerjakan kejahatan atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri, lalu mereka segera ingat kpd Alloh terus memohon ampunan atas dosanya. Siapa pula yg akan mengampuni segala dosa kalau bukan karena Alloh. Sesudah itu mereka insyaf dan sadar bahwa tidak akan mengulangi lg perbuatan dosa seperti yg sudah sudah maka mereka itu akan diganjar dg suatu pengampunan dari Alloh dan akan di beri pahala dg Surga dimana dibawahnya mengalir air sungai2 dan disitulah tempat mereka kekal abadi""

Bacaan Niat Sholat Taubat Dan Doa Setelah Sholat Taubat



Terjemahan Niat Shalat Taubat Nasuha diatas ialah, ” USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR ”. dan Pengertian Niat Shalat Taubat diatas adalah, ”’ Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala, Alloh Maha Besar ”.

Setelah anda membaca bacaan Niat Shalat Taubat Nasuha diatas maka anda tinggal membaca Surat Al Fatihah, Suratan, Ruku, Itidal, Sujud dan Salam seperti mengerjakan Shalat Wajib kemudian Shalat Sunah Taubat Nasuha ini dikerjakan minimal 2 Raka’at dan maksimal 6 Raka’at,dalam perakteknya masih sama seperti mengerjakan sholat sunah tahajud

Do'a Setelah Sholat Taubat Nasuha

Setelah selesai mengerjakan Shalat Taubat maka anda duduklah dg khusyu dan tenang, kemudian membaca Dzikir Sholawat Nabi, Tahmid maupun bacaan Tahlil setelah itu perbanyaklah membaca bacaan Istighfar yg dibaca minimal 100 kali karena manfaat dari bacaan Istighfar itu sendiri adlh untuk memohon ampunan kpd Alloh Swt..


Terjemahan Latin Bacaan Doa Shalat Taubat Istighfar diatas ialah, ” ASTAGHFIRULLAAHAL ‘AZHIIMA, ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI ”. dan pengertian didlm Bahasa Indonesia nya adalah, ”’ Saya memohon ampunan kpd Alloh yg Maha Agung saya mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Alloh, Tuhan yg hidup terus selalu jaga ”’


Bacaan Istighfar diatas merupakan Bacaan Istighfar lengkap yg bisa anda amalkan sebagai Doa Setelah Shalat Taubat dan anda bisa membaca bacaan Doa Shalat Taubat Nasuha dg Bahasa Indonesia. Kemudian kesimpulan yg bisa kami berikan kepada anda terkait Shalat Sunah Taubat ini adalah bahwa Shalat Sunah Taubat Nasuha sama saja dg Shalat Sunah Taubat hanya saja bahasa Taubat Nasuha lebih kongkret.

Karena didlm Taubat Nasuha ini seseorang benar – benar memohon ampun dan menyesal atas dosa yg mereka perbuat dan berjanji untuk tidak akan mengulangi perbuatan dosa mereka lagi. Namun barang siapa yg mengerjakan Shalat Taubat dg sungguh – sungguh sebelum ajal mereka menjemput maka akan dijanjikan Surga dan pahala yg besar serta di ampuni segala dosa – dosanya oleh Alloh.

Itulah artikel kami tentang tata cara sholat taubatan nasuha semoga kita dijadikan orang yang bisa kembali kejalan yang diridoi Allah Swt .
Advertisement