Tata Cara Niat Shalat Istikharah Untuk Memohon Petunjuk Dan Doanya

Advertisement
Niat Shalat Istikharah Untuk Memohon Petunjuk
Dalam kehidupan kita sering menghadapi berbagai pilihan yang dapat membuat kita bingbang bahkan ragu untuk memutuskan dan memilih,misalkan ketika kita harus memilih untuk pekerjaan kita yang lebih cocok,atau memilih perkara apapun.dengan kasih sayangnya Allah Swt melalui junjunan kita nabi muhamad saw memberikan petunjuk kepada umatnya yaitu dengan melaksanakan shalat istikharah.

Shalat istikharah yaitu shalat sunat yang dikerjakan untuk meminta petujuk dari Allah oleh hamba yang berada diantara berbagai pilihan atau merasa ragu untuk memilih atau memutuskan suatu perkara.secara nyata kita dapat menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.namun kita sebagai hamba selalu menginginkan hal yang terbaik,maka seharusnya kita sebagai hamba terlebih dahulu untuk meminta petunjuk kepada Allah yang maha mengetahui.

dalam hal ini semua masalah tidak terbatasi.setelah shalat istikharah,maka dengan kekuasan Allah kita akan diberi petunjuk terhadap dalam memilih.dalam penjelasan diatas,apa pun yang terjadi setelah kita melaksanakan salat istikharah,itu adalah perkara yang paling baik untuk kita,walaupun terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan,terkadang kita menerima apapun yang dikehendaki Allah untuk hambanya.


Dasar hukum disunahkannya shalat istikharah yaitu sabda nabi saw.dimana beliau bersabda,''jika salah seorang dari kalian bermaksud berkeinginan kuat untuk melakukan sesuatu,hendaknya ia melakukan sdhalat dua rakaat bukan shalat fardu,kemudian mengucap doa:

Allâhumma innî astakhîruka bi‘ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as’aluka min fadhlika al-‘azhîm. Fa ’innaka taqdiru wa lâ aqdir, wa ta‘lamu wa lâ a‘lam wa anta ‘allâm al-ghuyûb. Allâhumma in kunta ta‘lamu anna hâdza al-amr khairun lî fî dînî wa ma‘âsyî wa ‘âqibati amrî (atau fî ‘âjilî wa âjilî), fa uqdurhu lî wa yassirhu tsumma bârik lî fîh. Wa in kunta ta‘lam anna hâdza al-amr syarrun lî fî dînî wa ma‘âsyî wa ‘âqibati amrî (atau fî ‘âjilî wa âjilî) fa ishrifhu ‘annî wa ishrifnî ‘anhu wa uqdur lî al-khaira haitsu kâna tsumma ardhinî bih

Artinya: Ya Allah. Sesungguhnya aku memohon pilihan kepada Engkau dengan pengetahuan-Mu, memohon takdir dengan kemahakuasaan-Mu, dan memohon kelebihan-Mu yang amat besar. Ya Allah, jika menurut pengetahuan-Mu sesuatu yang akan aku kerjakan ini baik untukku –dari sisi agama, kehidupan [dunia], dan akibatnya nanti (di akhirat)– takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah dia untukku. Dan jika dalam pengetahuan-Mu apa yang akan aku lakukan ini adalah buruk –baik dari sisi agama, kehidupan dunia, maupun akibatnya kelak di akhirat– maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya. Kemudian tentukanlah yang terbaik untukku di mana pun kebaikan itu berada, lalu berilah aku keridhaan untuk menerimanya.” (Hadis ini diriwayatkan oleh Mâlik, Bukhârî, Abû Dâwûd, At-Tirmidzî, dan An-Nasâ’î)

Tata Cara Shalat Istikharah

Shalat istikharah bisa dikerjakan paling sedik dua rakaat atau hingga dua belas rakaat (enam salam).tata cara masih sama seperti shalat sunah biasa seperti halnya shalat tahajud cuma bedanya haya pada niatnya doang.

setelah membaca fatihah pada rakaat yang pertama,disarankan membaca surah Al-kafirun satu kali saja.setelah membaca fatihah pada rakaat berikutnya,diutamakan membaca surah al-iklas satu kali.namun untuk surah yang lainnya tetap diperbolehkan dibaca sesudah membaca fatihah,mau rakaat pertama atau kedua

Setelah mengucap salam diteruskan pada do'a shalat istikharah lalau memohon petunjuk pada masalah yang sedang kita hadapi.hadits tentang do'a sesudah shalat istikharah dari jabir r.a mengemukakan bahwa do'a tersebut dapat berbunyi :

"Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhailah aku dengan kebaikan itu". (HR Al Bukhari)

Doa Shalat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya :“Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini (sebutkan permasalahan yang anda hadapi) baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas
anugrah-Mu.

Itulah artikel singkat dari kami tentang niat istikharah semoga dapat bermanfat bagi yang membutuhkannya dan mohon maaf bila ada kata yang salah dalam penulisannya dan semoga Allah Swt mengampuni kesalahan kami.
Advertisement