Sholat Mayit Bacaan Do'a Niat Dan Tata Caranya

Advertisement
Sholat Mayit Bacaan Do'a Niat Dan Tata Caranya-Kewajiban bagi orang yang hidup terhadap orang yang sudah meninggal yaitu memandikan jenajah,mengkafani,menshalatkan,mengusung dan menguburkannya hal ini semuanya hukumnya adalah fardhu kifayah,kecuali orang syahid dalam peperangan,maka jenajahnya tidak dimandikan dan tidak dikafani namun boleh untuk mensholatkannya,dan menguburkannya dalam keadaan sebagai mana ia gugur.

Dan untuk jenajah laki-laki dikapfani dengan menggunakan tiga helai kain putih,sedangkan untuk jenajah perempuan yaitu dengan lima helai kain kafan,satu helai sebagai sarung,satu helai sebagai kerudung/penutup kepala satu helai sebagai baju,sedangkankan yang dua helai lagi sebagai pembungkusnya,dan disunatkan bagi imam atau orang yang menshalatkan jenajah sendirian untuk sejajar dengan dada jenajah laki-laki atau berada sejajar dengan bagian tengah tubuh jenajah wanita

Mendalami sholat jenazah (mayyit) semestinya benar-benar teliti. Pasalnya, antara mayit lelaki serta wanita, untuk bacaannya tidak sama, misalnya dalam bacaan niat. Ini sudah jelas tidak sama pengucapan (lafadznya), begitu halnya lafadz doa khusus buat mayit.

http://mahjubin.blogspot.co.id/

Selain itu, dalam mensholati mayit (jenazah) ada yang jenazahnya ada (di depan kita) serta ada pula yang jenazahnya tak ada (atau dimaksud sholat ghaib), pasti bacaan niatnya juga tidak sama. Namun di sini kami bakal fokus ke lafadz bacaan niat sholat jenazah baik mayit lelaki ataupun wanita yang jenazahnya ada, atau yang kerap kita sebut dengan Sholat Jenazah.

Mengerjakan Sholat Jenazah hukumnya fardhu kifayah, yakni suatu hukum yang harus ditunaikan tetapi jikalau udah dilaksanakan oleh orang muslim, jadi kewajiban ini bakal gugur untuk orang muslim yang lain. Sholat Mayit atau sholat jenazah dilakukan dengan empat kali takbir serta tidak ada raka'at. Adapun untuk lafadz bacaan niatnya yaitu sebagaimana berikut :

Niat Sholat Jenazah (Mayit) Laki-laki
اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Mayit (Jenazah) Perempuan
اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI 'ALAA HAADZIHIL MAYYITATI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

Catatan:
Lafadz niat diatas merupakan bacaan niat ketika kita sholat jenazah menjadi ma'mum. Namun apabila kita menjadi imam, maka lafadz atau bacaan "MA'MUUMAN" diganti dengan lafadz "IMAA'MAN". Sehingga bacaan niat sholat jenazah sebagai imam untuk mayyit laki-laki adalah sebagai berikut :
اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi imam karena Allah Ta’ala.

1. Membaca takbir empat kali dan mengangkat kedua tangannya pada setiap takbir.

2. Mulai membaca takbir yang pertama

3. Membaca ta'awudz dan bismilah

4. Kemudian membaca surat al-fatihah pelan-pelan

5. Kemudian takbir yang kedua membaca shalawat kepada nabi muhammad saw:

6. Kemudian takbir yang ketiga berdoa'a untuk simayit:kalau mayitnya laki-laki doanya yaitu:
dan kalau mayitnya perempuan doanya yaitu:
7. Kemudian takbir yang keempat membaca do'a untuk mayit lagi untuk mayit laki-laki yaitu:
dan untuk mayit perempuan yaitu:
kemudian diam sejenak lalu salam kekanan.

Haram hukumnya meninggalkan kuburan lebih dari satu jengkal,menembok dan menciumnya ,membakar dupa/kemenyan,membuat tulisan,duduk-duduk dan berdiri di ats kuburan,juga di haramkan menyalakan pelita di kuburan atau tawaf mengelilinginya,membangun mesjid diatasnya,atau menguburkan jenajah di mesjid di atasnya,atau menguburkan jenajah di mesjid,bahkan kubah-kubah yang di bangun di atasnya wajib dihancurkan.

Dan tidak mengapa seseorang mengucapkan ta'ziah (bela sungkawa)diantaranya dengan mengucapkan "semoga allah menambah pahala anda,menghilangkan duka anda akan memberi ampunan kepada keluarga nada yang meninggal dunia."ketika seorang muslim berta'ziah kepada orang kafir ,ia mengatakan "semoga allah menambah pahala anda dan mengihilangkan duka anda"adapun orang kafir tidak boleh berta'ziah kepada orang muslim.

- seseorang yang mengetahui bahwa keluarganya akan meratpi jenajahnya bila ia meninggal dunia maka ia berkewajiban untuk berwasiat kepada mereka agar tida meratapinya .jika hal ini tidak ia lakukan ,maka allah akan mengadabnya karena tangisan mereka untuknya.

- Imam syafi'i rahimahullah mengatakan :duduk-duduk untuk berta'ziah hukumnya makruh ,maksudnya;berkumpunya keluarga mayit di sebuah rumah untuk menerima kedatangan orang yang akan berta'ziah ,akan tetapi sebaiknya mereka pergi melakukan aktifitas masing-masing,baik laki-laki maupun perempuan.

- disunatkan membuat makanan untuk keluarga yang salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia,dan makruh hukumnya memakan makanan mereka.

- disunatkan berziarah ke kuburan orang muslim tanpa harus melakukan perjalanan,dan dibolehkan berziarah kekuburan orang kafir serta tidak di larang orang kafir menziarahi kuburan orang muslim.

- disunatkan bagi orang yang memasuki areal perkuburan untuk membaca"assalamualaikum daara qaum mukminin atau ahladdiyar minal mukminin" wa-innaa insya allah bikum lahikuun,yarhamullahul mustaqdimin minna wal mustakhiriin nas-alullaha lana walakum al- afiah,alahuma laa tahrimna ajrahum walaa taftina ba'dahum wagfirlana walahum

- haram hukumnya menulis ayat-ayat al-quran pada kain kafan karena dihawatirkan terkena najis ,dan hal itu merupakan pelecehan terhadp al-quran ,juga karena tidak ada tuntunan agamanya

Itulah bacaan niat doa sholat mayit dan tata caranya semoga dapat bermanfaat
Advertisement