Niat Tayamum Tata Caranya Tulisan Arab Dan Artinya Sesuai Sunah

Advertisement
Niat Tayamum Tata Caranya Tulisan Arab Dan Artinya Sesuai Sunah - Asalamualaikum wr.wb. Para kaumuslimin dimanapun anda berada semoga ada dalam lindungan Allah Swt.pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang tata cara tayamum.
dalam agama islam tayamum itu sangat mudah,karena merupakan kemurahan dari Allah supaya hambanya tidak merasa berat dalam melaksanakan ibadah.dan untuk pelaksanaan tayamum yaitu disaat tidak menemukan air atau dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk bersentuhan dengan air dalam arti kita punya penyakit kalau terkena air akan menyebabkan tambahnya nyeri sampai kematian

Tayamum yaitu untuk menyucikan diri kita agar kita dapat bersyukur syariat ini,Allah Swt telah menjelaskan cara bersuci dengan tayamum sebagai mana firmannya :



وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ
فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ

Artinya:
“Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau berhubungan badan dengan perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan permukaan bumi yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu”. (Qs. Al Maidah: 6)

Tetapi bagai mana cara tayamum yang benar yang sesuai dengan yang telah nabi contohkan? berikut ini kami tulis cara-cara tayamum yang telah nabi kerjakan yang dijelaskan dalam hadis 'Ammar bin Yasir radhiyallahu 'anhu:


بَعَثَنِى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فِى حَاجَةٍ فَأَجْنَبْتُ ، فَلَمْ أَجِدِ الْمَاءَ ، فَتَمَرَّغْتُ فِى الصَّعِيدِ كَمَا تَمَرَّغُ الدَّابَّةُ ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ « إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيكَ أَنْ تَصْنَعَ هَكَذَا » . فَضَرَبَ بِكَفِّهِ ضَرْبَةً عَلَى الأَرْضِ ثُمَّ نَفَضَهَا ، ثُمَّ مَسَحَ بِهَا ظَهْرَ كَفِّهِ بِشِمَالِهِ ، أَوْ ظَهْرَ شِمَالِهِ بِكَفِّهِ ، ثُمَّ مَسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutusku untuk suatu keperluan, kemudian aku mengalami junub dan aku tidak menemukan air. Maka aku berguling-guling di tanah sebagaimana layaknya hewan yang berguling-guling di tanah. Kemudian aku ceritakan hal tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lantas beliau mengatakan, “Sesungguhnya cukuplah engkau melakukannya seperti ini”. Kemudian beliau memukulkan telapak tangannya ke permukaan tanah sekali, lalu meniupnya. Kemudian beliau mengusap punggung telapak tangan (kanan)nya dengan tangan kirinya dan mengusap punggung telapak tangan (kiri)nya dengan tangan kanannya, lalu beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.

Dalam salah satu lafadz riwayat Bukhori:

وَمَسَحَ وَجْهَهُ وَكَفَّيْهِ وَاحِدَةً

“Dan beliau mengusap wajahnya dan kedua telapak tangannya dengan sekali usapan”.(Muttafaq ‘alaihi)

Jadi Berdasarkan hadits di atas, kita dapat simpulkan bahwa tata cara tayammum Rasulullah adalah sebagai berikut:

- Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan tanah sekali kemudian meniupnya.
- Mengusap punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya.
- Kemudian menyapu wajah dengan dua telapak tangan.
- Semua usapan dilakukan sekali.

- Bagian tangan yang diusap hanya sampai pergelangan tangan saja

- Tayammum dapat menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil

- Tidak wajibnya tertib atau berurutan ketika tayammu

Berikut ini kami tulis untuk niat tayamum

Itulah penjelasan kami tentang niat dan tata cara tayamum yang benar semoga kita semua diberi pahaman oleh Allah Swt Amin...
Advertisement