Bacaan Lafadz Niat Zakat Fitrah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Advertisement
Bacaan Lafadz Niat Zakat Fitrah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya - Asalamualaikum para pengunjung yang terhormat semoga di rahmati allah swt pada kesempatan ini saya akan berbagi dengan saudara semua yaitu doa menerima zakat fitrah dan untuk yang mengeluarkan zakatnya harus tau yaitu doa niat zakat fitrah,hukum zakat fitrah wajib atas setiap muslim jika ia memiliki harta lebih dari kebutuhan makannya dan makan keluarganya pada malam dan pagi hari raya idul fitri,dan untuk ukuran zakat fitrah yaitu seperempat kilo dari bahan makanan poko yang ada di negrinya untuk setiap orang,baik laki-laki maupun perempuan.

seseorang yang berkewajiban mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya berkewajiban juga mengeluarkan zakat fitarah untuk orang yang menjadi tanggunganya pada malam hari raya idul fitri jika ia memilikinya makanya kita harus tau dong niat zakat fitrah untuk keluarga atau dengan kata lainya doa membayar zakat fitrah,dan disunatkan membayar zakat fitrah pada hari raya sebelum shalat ied,dan tidak boleh menundanya samapai shalat ied selesai,boleh juga dibayarkan satu atau dua hari menjelang hari raya iedul fitri,dan dibolehkan bagi seseorang untuk menerima zakat sekumpulan orang,begitu juga sebaliknya,yaitu sekumpulan orang menerima zakat seseorang.

Berikut ini kami tulis niat zakat fitrah untuk keluarga,doa menerima zakat fitrah,lafadz niat zakat fitrah,niat zakat mal,niat zakat fitrah untuk diri sendiri,lafal niat zakat fitrah,niat zakat fitrah dan zakat mal niat zakat fitrah untuk istri.semoga saja kami tidak ada yang terlewati,zakat harus di keluarkan segera,dan wali dari anak kecil dan orang gila berkewajiban untuk membayar zakat keduanya.membayar zakat di sunatkan dengan terang-terangan,dan di sunatkan untuk membayarnya langsung tanpa diwakilkan.bagi yang berkewajiban membayar zakat ada syarat-syaranya zakat fitrah yaitu untuk berniat.

http://mahjubin.blogspot.co.id/

Apabila ia berniat untuk sekedar bersedekah maka niat itu tidak cukup,meskipun ia bersedekah dengan seluruh hartanya,dan yang berhak menerima zakat fitrah lebih utama diberikan kepada para fakir miskin di negrinya,boleh juga dikirimkan ke negri lain kalo memang ada maslahatnya bisa disebut dengan kata gaulnya zakat online,boleh pengeliaran zakat,dengan membayar zakat untuk dua tahun sekaligus,jika nisabnya sudah cukup.orang yang berhaq menerima zakat ada delapan golongan yaitu :1.fakir 2.miskin 3.amil zakat 4.golongan mualaf 5.hamba sahaya 6.orang yang berhutang 7.orang yang berjuang dijalan allah 8. ibnu sabil.

Semua golongan di atas di beri zakat diberi zakat sesusai dengan kebutuhann,kecuali amil zakat,ia diberi sesuai upahnya meskipun ia kaya,zakat juga telah mencukupi (sah)jika di berikan kepada kaum pembangkang atau pembertontak jika mereka telah menguasai negrinya,atau pabila di ambil seorang penguasa baik dengan cara paksa ataupun dengan suka rela baik ia penguasa yang adil ataupun yang dzalim.zakat tidak mencukupi (sah) apabila diberikan kepada oarang kafir,budak,orang kaya,orang yang menjadi tanggung jawabnya ,dan anak keturunan bani hasim.

Apabila seseorang membayarkan zakatnya kepada orang yang tidak berhak menerimanya karena ia tidak tahu,kemudian ia mengetahuinya maka hal tersebut belum mencukupi,kecuali jika ia memberikanya kepada orang yang dia sangka fakir tetapi teryata ia orang kaya maka hal tersebut telah mencukupinya,Zakat menurut bahasa artinya adalah membersihkan diri atau mensucika diri. Sedangkan menurut istiah zakat adalah kadar harta tertentu yang wajib dikeluarkan kepada orang yang membutuhkan atau yang berhak menerimanya dengan beberapa syarat tertentu sesuai dengan syariat islam. Zakat terbagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri
Niat ini diucapkan oleh diri kita sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain. Adapun lafadznya adalah sebagai berikut :
نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Istri
Jika seorang suami ingin membacakan niat zakat fitrah untuk istrinya, maka lafadznya adalah sebagai berikut :
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki
Bagi orang tua yang memiliki seorang anak laki-laki yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya :
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan
Bagi orang tua yang memiliki seorang anak perempuan yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya :
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala

Do’a Menerima Zakat
آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

AAJAROKALLAAHU FIIMAA A'THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA'ALAHU LAKA THOHUURON

Artinya :
Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu

Demikianlah doa zakat fitrah yang saya biasa sampaikan semoga saja ada manfaatnya khusus bagi penulis dan kaum muslimin semuanya amin yarobal alamin
Advertisement