Bacaan Niat Puasa Sunnah Sya'ban Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Advertisement
Bacaan Niat Puasa Sunnah Sya'ban Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya 2016  - Asalamualaikum Segala puji bagi Allah yang telah memberi nikmat yang maha besar yang tiada ternilai oleh siapapun dengan karuninya itulah kita semua dapat hidup dan menempuh kehidupan di dunia ini,sholawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda nabi muhammad Saw yang telah membawakan syariat islam semoga kita di akui beliau menjadi umatnya.

Untuk di akui sebagai umat Nabi muhammad kita harus berkorban dengan melaksanakan segala apa yang beliau kerjakan yaitu menjalankan sunnah-sunnahnya seperti melaksanakan sholat sunnah,puasa sunnah,dan memperbanyak membaca sholawat kepada beliau terutama kita sudah memasuki bulan syaban maka kita jangan ketinggalan untuk melaksanakan amalan pada bulan syaban yaitu setiap hari dari hari pertama bulan syaban kita harus melaksanakan puasa sunnah.

Diantara rahasia banyak puasa di bulan sya'ban yaitu karena puasa syaban ibarat ibadah rawatib(ibadah sunnah yang mengiringi ibadah wajib)puasa di bulan syaban sangat dekat dengan puasa ramadhan karena memiliki keutamaan yang sangat besar,dan puasa di bulan syaban ini dapat menyempurnakan puasa wajib di bulan suci ramadhan.

http://mahjubin.blogspot.co.id/

Dalam melaksanakan puasa di bulan syaban banyak para ulama berpendapat tentang di anjurkannya puasa tersebut karena banyak riwayat tentang puasa sunnah tersebut.untuk pendapat yang paling soheh yaitu keterangan yang sesuai dengan hadits usman bin zaid,beliau bertanya :"wahai rasulullah,saya belum pernah melihat anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana anda berpuasa di bulan syaban ".Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya :
Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Bulan sa'ban yaitu bulan kedelapan pada tahun hijriah atau bulan sesudah bulan rajab sedangkan bulan ramadhan yaitu merupakan bulan ke sembilan,rasulullah saw melaksanakan puasa di bulan tersebut yaitu secara penuh di isi dengan berpuasa seperti puasa senin kamis dan puasa-puasa sunah lainnya

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya :
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban. (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak hikmah yang terkandung pada puasa bulan sakban yaitu di antaranya untuk melatih diri kita supaya lebih kuat dalam melaksanakan ibdah puasa ramadhan,kalau kita sering terlatih ingsya Allah puasa wajib atau sunnah akan menjadi terbiasa,terutama kita melaksanakan puasanya bertepatan dengan nisfu syaban (yaitui setengah dari bulan syaban)karena pada hari itu di laporkannya segala amalan kiata.

Berikut ini kami tulis untuk niat puasa di bulan syaban
:

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAHBAN SUNNATAN LILLAHI TA'ALA

Artinya :
Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala

Demikianlah artikel kami tentang bacaan niat keutamaan puasa di bulan sya'ban semoga dapat bermanfaat dan kita di beri hidayah dan taufiq untuk melasanakannya amin yarobal alamin

Baca juga doa malam nisfu sya'ban
Advertisement